Monday 1 July 2013

Yin-Yang sebagai dasar berpikir positif


Positif thinking... sepertinya kalimat itu tidak asing lagi untuk kita. memang berpikir positif sangat membantu dalam menjalani kehidupan ini, khususnya untuk memperoleh kebahagiaan yang didambakan. dengan berpikir positif masalah yang tadinya besar bisa dikecilkan, masalah yang kecil bisa dihilangkan dan masalah yang akan timbul bisa ditahan agar tidak jadi masalah.
Nah yang jadi permasalahan memang banyak anjuran yang menyatakan harus selalu berpikir positif.. dan setiap anjuran pada umumnya mudah untuk di ucapkan karena anjuran tersebut berupa teori. Namun terkadang kita tidak tahu bahkan bingung harus dimulai dari mana... Ada satu hal yang dapat kita jadikan dasar atau landasan agar kita bisa membiasakan diri berpikir positif. Salah satu cara yang dapat dipraktikan adalah memahami tentang simbol yang sangat luar biasa ini:

Lambang bola dengan 2 sisi warna yang berbeda ini di namakan Yin-Yang. Ada maknya yang sangat berhaga di balik lambang ini. Coba perhatikan lambang tersebut. Pada sisi warna hitam terdapat titik yang berwarna putih. Begitu juga pada sisi warna putih terdapat satu titik yang berwana hitam. Apa maknanya? Sisi hitam dan titik putih bearti adalah sifat manusia, yang sebenarnya seburuk-buruknya manusia pasti ada segi baiknya walaupun hanya satu titik. Begitu juga pada sisi putih dan titik hitam, sebaik-baiknya orang pasti ada sisi buruknya yang tidak kita ketahui.
Dengan mengerti hal ini.. Hendaknya salalu dapat menanamkan pikiran positif pada lingkungan dan orang-orang di sekitar yang kita jumpai. Selanjutnya kita bisa menghargai sekecil apapun kehidupan dan bisa menghargai orang-orang yang kita jumpai sebagai manusia yang sama-sama memiliki hak dan potensi
serta harga diri. Jika  telah terbiasa dengan hal ini maka secara tidak langsung kita telah menanamkan pikiran positif pada hal yang ada di luar diri kita. Sehingga kecendrungan melihat kesalahan yang dilakukan orang lain bisa sedikit demi sedikit kita kurangi atau sebaliknya ketika melihat kesuksesan yang diraih oleh orang lain tidak menimbulkan rasa irihati pada diri kita dan tidak menjadi beban yang terus kita bawa kemana-mana. karena hal-hal yang tidak bermanfaat dari luar yang kita masukan kedalam memori pikiran  ini lah yang membuat kita menderita.
Selamat mencoba.. semoga sukses... (edy)

No comments:

Post a Comment